TONGKAT ESTAFET PUTUSSIBAU

hingga nanti tongkat estafet ini akan di teruskan lagi oleh generasi muda, Sampai nanti masa lalu kan menjadi sejarah para leluhur ,dan yang akan datang kan menjadi misteri sang inspirasi muda, perlahan berjalan mencari garis finish yang belum terlihat....

Rabu, 24 Oktober 2012

Buku: Dayak di Ujung Pena mahasiswa

Adil ka'Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata.
Tabi',........

oleh Iwan Djola pada 24 Oktober 2012 pukul 11:04 

cover depan
Dalam PSBDK 2012 yang baru saja usai, setelah acara Workshop dan diskusi "Bidai dan Kontribusinya bagi Ekonomi Kerakyatan Masyarakat Dayak" pada tanggal 20 Oktober 2012, di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri UGM Yogyakarta. (pembicara dalam diskusi dan Workshop tersebut adalah Dr.Yulianus.S.Hut,.M.Si dan Agung Wicaksono,.S.Sn,.M.Sn).
Telah di Luncurkan sebuah Buku;  Dayak Di Ujung Pena Mahasiswa. Yang diluncurkan Oleh Ketua Ikatan  Alumni Yogyakarta JC.Oevaang Oeray, bapak Frans Mecer.Di dampingi Ketua Panitia, Ketua Seber dan pembicara Diskusi serta seluruh peserta Diskusi dan Workshop.


Buku ini merupakan kompilasi 15 Karya terbaik Lomba Esai pada Pesta Seni dan Budaya Dayak se- Kalimantan IX tahun 2011  yang bertemakan:   KEUNIKAN BUDAYA DAYAK DI MATA GENERASI MUDA. Lomba ini direncanakan diadakan 2 tahun sekali. Juri adalah 2 orang akademisi yaitu : Yustiana Kameng, S.Pd dan Yohanes M.V.Mudayen, S.Pd,.M.Sc


Berikut penulis dan judul tulisan  :
  • Willibrodus Himang dan Cornel Dimas  : Hudoq Dalam Pusaran Arus Modernsasi
  • Dendi Tri Suarno  : Budaya Rumah Betang Simbol Kebersamaan Kehidupan Suku Dayak
  • Alberto Deo Prawira : Bujang Dara Gawai di Era Modernisasi
  • Antonia Yunita Fitria    : Rumah Betang Dulu dan Sekarang
  • Aprima Rolis Yandi Oga: Eksplorasi budaya Dayak lewat Tari Kreasi
  • Michael Yoga Anes: Religi masyarakat Dayak Kanayatn : Fenomena Peralihan   Dari kepercayaan lama ke Kepercayaan baru
  • Thomy Ivan Delas: Tari Kreasi Versus tari Tradisional
  • Kanchilkus   : Nupe'ng di Suku Dayak Tuba Ujunk Di Kab Sanggau
  • Dellis Pratika & Riza mahendr : Iwurung Jue Simbol kesetiaan masyarakat suku Dayak Maanyan                       
  • Marsi Marina Opat :  Memudarnya penggunaan Bahasa Dayak di kalangan mahasiswa daerah
  • Stevania Wita : Gawai Dayak, mempertegas Identitas Budaya Dayak
  • Carolina Yulent Carlen   : Babansir, Upacara Adat Sakral Dayak Pesaguan
  • Yunita Lesi :  Manakah Budaya Dayak yang Sangat Membanggakan?
  • Maria Theresa : Pentingnya Pelestarian Hutan kalimantan Dalam menjaga eksistensi budaya Dayak
  • Agustinus Karnoto- Petrus Ryan Pramono - J.Pangureres :  Nyangahatn : Mantra kepada Penguasa alam atas dan alam bawah dalam menjaga Hamonisasi
Buku ini diterbitkan atas kerjasama Panitia PESTA SENI BUDAYA DAYAK SE-KALIMANTAN IX 2011, Forum  BEDAYONG (KAB.KETAPANG) dan LEMBAGA STUDI DAYAK ( LSD ) MAHASISWA YOGYAKARTA.

Editor                    : Iwan Djola dan Bona Ventura
Lay Out                 : Darwis Alfonsus
Cover                    : Martinus Viktor
Tim Penyusun         : Frederikus Suarezzaga, Mic.Yoga Anes, Teofilus Amdrika, Liberto Een, Elias Heru Cahyono, Fendy Raise, Fornestor Mindaws, Agung Eko A.

Isi di awali dengan kata Sambutan dari bapak Drs. Henrikus, M.Si selaku Bupati Kab. Ketapang
dan Ketua panitia PSBDK IX 2011, Ketua Forum mahasiswa Bedayong, dan Ketua LSD mahasiswa Yogyakarta.


Perkembangan teknologi dan derasnya arus globalisasi menyebabkan pengetahuan akan budaya suku Dayak mulai berkurang dan akhirnya terlupakan. Saat ini, sebagian besar generasi muda tidak mengenal lagi kekayaan dan keberagaman budaya Dayak yang dahulu nenek moyang mereka wariskan.
 

Berangkat dari persoalan diatas, Panitia Pesta Seni dan Budaya Dayak se-Kalimantan ke IX di Yogyakarta berinisiatif untuk mengumpulkan gagasan dan pengetahuan generasi muda tentang budaya Dayak melalui lomba menulis esai dengan tema "Keunikan Budaya Dayak di Mata Generasi Muda" .

Semoga karya sederhana generasi muda ini dapat menjadi inspirasi kita semua untuk memelihara dan mencintai budaya (khususnya budaya Dayak) serta tradisi dan budaya beragam suku, etnik,  sebagai bagian penting dari ragam Indonesia yang utuh.


Anda berminat memilki, silahkan Hubungi Lembaga Studi Dayak (LSD) Mahasiswa Yogyakarta.
CP : Frederikus Suarezzaga : 085245842959, Michael Yoga : 081227791613  dengan harga RP. 30.000,- 

Hasil dari penjualan buku ini akan digunakan oleh Lembaga Studi Dayak (LSD) Mahasiswa Yogyakarta untuk mencetak ulang dan melaksanakan lomba yang kedua pada PSBDK XI 2013 yang akan datang.


"Bidai dan Kontribusinya bagi Ekonomi Kerakyatan Masyarakat Dayak"
Salam dan  hormat kami semua.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

buku ini bisa di kirim lewat Pos?

Unknown mengatakan...

How can i get this book

Unknown mengatakan...

msih ada ngak bukuy Stevania Wita : Gawai Dayak, mempertegas Identitas Budaya Dayak .. saya mau beli

Posting Komentar

terima kasih telah mengunjungi blog sederhana ini,semoga bermanfaat

KATEGORI

kapuas hulu (48) kalimantan barat (43) Wisata dan Budaya (29) Berita Hiburan (28) putussibau (25) DAYAK (16) Renungan (16) Budaya (10) Iban (9) Kalimantan (9) Dayak Iban (8) HPMDKH (7) Sungai Utik (7) Borneo (6) Dayak Iban Sungai Utik (6) Save Borneo (5) Sarawak (4) save culture (4) save dayak (4) save rainforest (4) Deo (3) Heritage (3) Indonesia (3) KB 1 (3) Malaysia (3) Rumah Panjang (3) Wisata (3) borndeo (3) plb badau (3) pos lintas batas negara (3) presiden joko widodo ke putussibau (3) tatto dayak (3) Adat (2) Alam (2) Culture (2) Dayak Kalimantan (2) Dayak Taman Kapuas (2) Dayak tribe (2) GUBERNUR KAL-BAR (2) Hutan (2) Hutan Adat (2) Kartun Borneo (2) Melapi (2) Pilkada Kalimantan Barat (2) Rumah Betang (2) YOGYAKARTA (2) lagu Dayak (2) save earth (2) (PSBDK (1) 2012) (1) Asian Arowana (1) BATAS (1) BUKU (1) Benua Tengah (1) Bukit Kelingkang (1) Cornelis (1) Dayak di Ujung Pena Mahasiswa (1) Ensebang Plaik (1) Events (1) Festival Danau Sentarum & Betung Kerihun (1) GOLPUT (1) Gawai (1) Gubernur Kalbar (1) Indonesia. (1) Kalimantan Dayak Iban (1) Kartun Dayak (1) Keling (1) Keling Kumang (1) Kumang (1) Long House (1) Lunsa Hilir (1) Lunsa Hulu (1) Mahasiswa Dayak (1) Mamandung (1) Mamasi (1) Menua (1) Native (1) PAC (1) PESTA SENI DAN BUDAYA DAYAK SE-KALIMANTAN X 2012 (1) PSBDK (1) Pesta Seni Budaya Dayak ke X (1) Putussibau Art Community (1) RAA MAMANDUNG (1) Rainforest (1) Save (1) Sayut (1) Sclerepages Formosus (1) TNBK (1) TNDS (1) Tamambaloh (1) Travel (1) West Kalimantan (1) arwana sentarum (1) badau (1) batang mandai (1) big tree (1) bukit tilung (1) dayak kayaan (1) gawai dayak (1) gereja mendalam (1) ikan arwana super red (1) jokowi ke plb badau (1) kayaan (1) landmark (1) masyarakat adat (1) mendalam (1) sauwe (1) silok (1) taman kapuas (1) upacara 17 agustus putussibau kapuas hulu (1)